Thursday, April 23, 2015

Filled Under: ,

9 PERISTIWA PENTING PADA HARI JUM'AT [DALAM ISLAM]

Assalamualaikum, Sobat #Islamgram


Hari jum'at bagi beberapa kalangan di identikkan dengan beberapa "lable", publik mengenal istilah "Jum'at Keramat KPK". dimana kebanyakan KPK mengumumkan status tersangka pada seseorang pada hari tersebut. 


Di Amerika ada identik dengan moment jum'at 13 (Friday 13rd).  Jumat tanggal 13 yang katanya akrab dengan dengan kesialan dan tahyul—sedemikian rupa sehingga sebagian orang sebisa mungkin menolak terbang, membuat perjanjian bisnis atau menikah pada hari buruk ini. Sebanyak 21 juta orang di AS takut pada hari Jumat tanggal 13, menurut Stress Management Center and Phobia Institute di Asheville, N.C., yang memperkirakan terjadi kerugian sebesar $800 juta hingga $900 juta dalam dunia bisnis setiap hari Jumat tanggal 13 karena rasa takut akan hari naas tersebut.

Apakah jum'at adalah hari yang menyeramkan?
Jum'at adalah hari yang mulia dalam islam. Semulia-mulia nya hari adalah hari jum'at.

Dan pada hari Jum’at terdapat suatu saat tiada sekali-kali seorang hamba yang beriman menemuinya sedang ia dalam keadaan sholat seraya meminta sesuatu kepada Allah, kecuali Allah akan mengabulkan permintaannya itu”.
(Riwayat Ahmad melalui Abu Hurairah ra.)



Peristiwa penting apa saja yang terjadi pada hari jum'at?

  1. Pada hari jumat Allah menciptakan Nabi Adam as. Nabi yang menjadi cikal-bakal lahirnya manusia setelahnya, termasuk kita umat Rasulullah saw. 
  2. Kedua, Pada hari jum’at pula Allah menurunkan Nabi Adam dari syurga karena melanggar perintah Allah SWT agar tidak mendekati pohon khuldi dan memakannya. Sehingga Allah memberikan pelajaran kepada Nabi Adam as dengan menurunkannya dari syurga bersama siti Hawa sebagai penebus dosa dengan mengabdi kepada Allah SWT dan hidup di bumi. 
  3. Wafatnya Nabi Adam as juga jatuh pada hari Juma’t. 
  4. Jumat adalah hari, terjadinya kiamat, dimana tiada satupun yang tahu kapan waktunya kecuali Allah SWT.Hari tiada lagi kesempatan untuk berbuat kebaikan, hari setiap manusia dibangkitkan kembali dan diminta pertanggungjawaban amal ibadah yang telah kita lakukan di dunia. 
  5. Kelima, Jumat juga mengandung keberkahan, Allah mengabulkan segala permintaan seorang hamba. Pada hari inipun kita dianjurkan untuk memperbanyak do’a, karena dalam hari Jum’at terdapat suatu waktu, yaitu Sa’atul ijabah, tiada seorang hamba yang mukmin berdo’a kepada Allah memohon sesuatu pada saat tersebut, sedangkan ia masih dalam sholatnya kecuali Allah pasti akan mengabulkan permintaannya.
  6. Hari jum’at dikatakan juga sebagai hari raya bagi Umat Muslim. Hari raya yang membedakan umat Muslim dengan umat lainnya. Dalam Riwayat Abu Hurairah , Rasulullah bersabda, bahwa: “Allah telah memalingkan orang-orang sebelum kita untuk menjadikan Jum’at sebagai hari raya mereka, oleh karena itu hari raya orang Yahudi adalah hari Sabtu, dan hari raya orang Nasrani adalah hari Ahad. Kemudian Allah memberikan bimbingan kepada kita untuk menjadikan hari jum’at sebagai hari raya, sehingga Allah menjadikan hari raya berurutan, yaitu hari Jum’at, Sabtu, dan Ahad. Dan pada hari kiamat mereka pun akan mengikuti seperti urutan tersebut, walaupun di dunia kita adalah penghuni yang terakhir, namun di hari kiamat nanti kita adalah urutan terdepan yang akan diputuskan perkaranya sebelum seluruh makhluk” . (HR. Muslim) 
  7. Orasi perdana Rasulullah Saw. di Masjid Madinah pada tahun 1 Hijrah.
  8. Peristiwa perang pertama dalam Islam yang dikenal Perang Badar, tepatnya hari Jumat, 2 Ramadhan tahun ke-2 Hijrah. Perang ini melibatkan tentara Islam sebanyak 313 anggota berhadapan dengan 1.000 tentara musyrikin Makkah yang lengkap bersenjata. Dalam perang ini, tentara Islam memenangkan pertempuran dengan 70 tentara musyrikin terbunuh, 70 lagi ditawan. Sisanya melarikan diri. 
  9. Masuknya Islam di benua biru (Eropa) dalam perang 'Zallaqoh' di Andalus (sekarang Portugal dan Spanyol) yang dipimpin oleh Panglima Perang Yusuf bin Yasyfin melawan tentara Perancis dibawah kepimpinan Alfonso VI, tepatnya pada 25 Ramadhan tahun Ke-479 Hijriyah. Tentara yang dipimpin oleh Alfonso VI yang berjumlah 80.000 tentara berhasil dikalahkan. Dalam waktu yang singkat Sultan Yusuf berhasil menguasai seluruh Spanyol dan menyelamatkan umat Islam. Setelah itu, Dinasti Murabit di Spanyol berdiri sejak 1090 sampai 1147 M.
Sejatinya masih banyak lagi peristiwa-peristiwa penting lain dalam Sejarah Islam yang terjadi pada hari Jum'at. Share dalam kolom komentar jika anda mengetahuinya
 
Semoga Bermanfaat
#Islamgram
 

0 komentar:

Post a Comment