Wednesday, April 29, 2015

Filled Under:

AKIK KECUBUNG BERTULISKAN الله

Di Swedia, di temukan sebuah akik bertuliskan الله dengan style (Khath) Kufi. Di kutip dari versesofuniverse.blogspot.com Cincin tersebut ditemukan di dalam kuburan seorang wanita abad kesembilan di Swedia, dan batu yang terdapat pada cincin terdapat tulisan arab 'bagi Allah' atau 'untuk Allah'.

الله [Sumber foto]

Contoh Khath Kufi [Sumber foto]


Cincin tersebut ditemukan selama penggalian di situs yang dahulunya adalah pusat perdagangan Viking di Birka, Swedia, pada akhir 1800-an. Sejak itu, diyakini bahwa batu cincin adalah batu kecubung (amethyst violet), tapi sekarang para ahli telah mengungkapkan bahwa ternyata itu adalah kaca warna - materi eksotis pada saat itu.

Para peneliti di Universitas Stockholm menggunakan mikroskop elektron untuk menentukan material tersebut dan untuk mengungkap secara jelas tulisan Arab kuno yang disebut tulisan Kufi, yang berbunyi "untuk Allah" atau "bagi Allah".

Teks-teks kuno juga menyebutkan perdagangan yang terjadi antara Viking dan peradaban Islam, yang membentang dari Mediterania hingga ke Asia Barat, tapi bukti-bukti arkeologi jarang ditemukan.

Penelitian, yang diterbitkan dalam jurnal Scanning, mengatakan: "Cincin itu mungkin ... merupakan bukti material untuk interaksi langsung antara bangsa skandinavia masa Viking dengan dunia Islam.

"Menjadi satu-satunya cincin dengan tulisan Arab yang ditemukan di situs arkeologi Skandinavia, itu adalah benda unik di antara benda-benda lainnya dari masa Viking di Swedia."

Analisis lebih lanjut dari cincin menunjukkan bahwa cincin tersebut jarang dipakai. Cincin bagian dalam masih menunjukkan tanda-tanda di mana perak dicetak oleh pengrajin, yang berarti bahwa cincin tersebut dijual sebagai barang baru sebelum menjadi milik berharga dari seorang wanita Viking. 

Subhanallah

#Islamgram

0 komentar:

Post a Comment