Saturday, January 31, 2015

Filled Under:

London Mosques, Masjid-Masjid di kota London





Kali ini Islamgram mengajak pembaca sekalian plesiran ke sebuah tempat di salah satu negeri di daratan eropa, London pengucapan bahasa Inggris: /ˈlʌndən/. Sebuah kota metropolitan yang ramai, Kota yang sekaligus juga menjadi ibu kota Inggris dan Britania raya.


Inti dari London kuno, yaitu City of London, sebagian besar masih tetap mempertahankan batas-batas abad pertengahannya. Sejak abad ke-19, nama London juga digunakan untuk menyebut kota metropolitan yang berkembang di sekitar inti ini

London adalah kota global terkemuka yang unggul dalam bidang seni, bisnis, pendidikan, hiburan, mode, keuangan, kesehatan, media, layanan profesional, penelitian dan pengembangan, pariwisata, serta transportasi. London, bersama dengan New York City, merupakan pusat keuangan terkemuka di dunia

London terdiri dari beragam masyarakat dan budaya dengan lebih dari 300 bahasa dituturkan oleh berbagai etnis. Pada bulan Maret 2011, London tercatat berpenduduk sebanyak 8.174.100 jiwa, atau sekitar 12,5% dari populasi Britania Raya secara keseluruhan.

Penduduk Muslim terbesar di Inggris berada di Kota Tower Hamlets, di sebelah timur Kota London. Kota tersebut menjadi satu-satunya kawasan dimana jumlah Umat Islam menjadi mayoritas dalam sebuah distrik.  Berdasarkan sensus yang sama, jumlah atheisme meningkat drastis dari 14,8 persen menjadi 25,1 persen dari total penduduk. Lebih dari seperempat penduduk Inggris saat ini tak menganut agama manapun dan tak percaya Tuhan apapun [Mungkin menganut agama sepak bola, di London terdapat 14 club sepak bola diantaranya Chelsea, Fulham, Queens Park Rangers, Tottenham Hotspur, Arsenal dan West Ham United].

Jika suatu hari  teman-teman berkesempatan berkunjung ke Inggris, jangan khawatir, terdapat ± 377 musholla yang tersebar disana. di london sendiri terdapat sekitar 9 Musholla, berikut musholla yang terdapat di London :

  • Abbey Mills Mosque

Masjid Mills Abbey, juga dikenal sebagai London Markaz atau Masjid-e-Ilyas, adalah sebuah masjid yang terletak di Stratford, London timur, saat ini menampung hingga 2.500 orang.  Telah diusulkan untuk memperluas ke pusat Islam yang lebih besar meliputi 7,3 hektar. Ini pada rencana awal dibangun, akan menjadi bangunan keagamaan terbesar di Inggris dan masjid terbesar di Eropa. Untuk alasan ini bangunan yang diusulkan sering secara informal disebut di media sebagai "mega -mosque "

Perluasan dan pamanjangan masjid dilakukan oleh Jamaah Tabligh, dekat lokasi Olympic Park London pada 2012 . Anjuman-e-Islahul Muslimin adalah kepercayaan amal Jamaah Tabligh dan telah menjadi ada sejak tahun 1996.

  • Aziziye Mosque 
 
Masjid Aziziye (Turki: Aziziye Camii) adalah sebuah masjid di Stoke Newington, London. Masjid ini didanai oleh Turki Asosiasi Islam Inggris dan konversi dimulai pada tahun 1983. Turki yang pernah merasa enggan untuk menghadiri 'non-Turki' masjid menyambut jemaat layanan disediakan dalam bahasa Turki dan bukan dalam bahasa Inggris atau Arab. Total kapasitas gaya masjid Ottoman adalah 2.000 orang. Masjid ini juga memiliki tukang daging halal, Aziziye Education Centre, Penyewaan aula pernikahan dan restoran. Awalnya dibangun sebagai bioskop, pertama kali dibuka pada tahun 1913 sebagai Apollo Picture House, dibuka kembali pada tahun 1933 sebagai Duta Cinema dan dari tahun 1974 bermain film seni bela diri dan film seks softcore sebagai Cinema Astra, sebelum ditutup tahun 1983.

  • Fazl Mosque
 
Masjid Fazl (juga dikenal sebagai Masjid London) di London diresmikan pada tanggal 23 Oktober 1926. Ini adalah pertama tujuan dibangun masjid di London, dan menjadi masjid pertama kaum Ahmadiyah di Inggris. Sebagian uang itu disumbangkan oleh perempuan Ahmadiyah di India, yang memberi perhiasan dan barang-barang mereka guna membangun masjid. Masjid ini terletak di Southfields, London dekat stasiun kereta api Raja George Park and Southfields. Hal ini telah menjadi markas dunia sementara masyarakat Ahmadiiyahdan kediaman Khalifa ahmadiyah sejak tahun 1984 ketika Ordonansi XX diumumkan secara resmi oleh pemerintah Pakistan.
  • Baitul Futuh Mosque


Masjid Baitul Futuh (House of Victories) adalah sebuah masjid di London. Ini adalah kompleks masjid terbesar di Eropa Barat. Selesai pada tahun 2003 dengan biaya sekitar £ 5,5 juta sepenuhnya dari sumbangan dari Komunitas Muslim Ahmadiyah, masjid meliputi area seluas 5,2 hektar (21.000 m2) dan kompleks penuh dapat menampung hingga 10.000 jamaah. Terletak di selatan-barat London pinggiran Morden, London Borough of Merton, di samping stasiun kereta api Morden Selatan, sekitar 700 meter dari stasiun Morden Underground.
  • Brick Lane Mosque 

Sebelumnya dikenal sebagai London Jamme Masjid (Masjid Agung London), terletak di daerah Spitalfields samping jalan Brick Lane dan Fournier Jalan di London timur, Inggris. Mayoritas jamaah masjid adalah keturunan Bangladesh; masjid berfungsi konsentrasi terbesar Muslim Bangladesh di negara ini. Bangunan di 59 Brick Lane sebelumnya menjabat agama dari suksesi komunitas lain di daerah. Dibangun pada abad ke-18, itu adalah salah satu bangunan tertua di East London yang masih berdiri saat ini.Masjid ini dapat menampung hingga 3000 orang dan yang paling ramai selama sholat Jummah Jumat. Semua khotbah yang disampaikan dalam Sylheti Bengali. Dalam hal kepercayaan dan praktek, masjid mengikuti tradisi kontroversial Sayyid Ahmad dari Balakot. Masjid ini memiliki hubungan dekat dengan Asosiasi Kesejahteraan Bangladesh, yang membahas sosial dan kebutuhan masyarakat Arab dan ibu kelas lidah yang tersedia untuk anak-anak di lantai atas.
  • East London Mosque 
Masjid London Timur, terletak di London Borough of Tower Hamlets antara Whitechapel dan Aldgate, melayani komunitas Muslim terbesar di Britania Raya. Itu terletak di dekat tepi Kota London dan beberapa mil dari London Docklands. Dikombinasikan dengan sebelah London Muslim Centre dan Maryam Centre, itu adalah salah satu masjid terbesar di Eropa, menampung lebih dari 7.000 jamaah untuk shalat berjamaah. Menampung jamaah Jumat terbesar di Britania Raya yakni melebihi 35.000 jamaah.
  • London Central Mosque
Masjid Central London (juga dikenal sebagai Pusat Kebudayaan Islam, ICC atau Masjid Taman Regent) adalah sebuah masjid di London, Inggris. Hal ini dirancang oleh Sir Frederick Gibberd, selesai pada tahun 1978, dan memiliki kubah emas terkemuka. Ruang utama dapat menampung lebih dari lima ribu jamaah, perempuan berdoa di balkon yang menghadap aula. Masjid memegang lilin dan karpet yang luas, dengan sangat sedikit furnitur.

Bagian dalam kubah dihiasi dengan bentuk yang rusak dalam tradisi Islam. Ada juga toko buku kecil dan kafe halal di tempat. Masjid bergabung ke pusat kebudayaan Islam yang secara resmi dibuka oleh Raja George VI pada tahun 1944. Tanah itu disumbangkan oleh Raja George VI untuk komunitas Muslim Inggris sebagai imbalan atas sumbangan tanah di Kairo oleh Raja Farouk dari Mesir dan Sudan untuk membangun sebuah katedral Anglikan. 
  • North London Central Mosque

Masjid Finsbury Park adalah sebuah masjid yang terletak di Finsbury Park, London, Inggris.
Masjid ini dipengaruhi oleh sengketa kepemimpinan pada 1990-an, yang memungkinkan pengkhotbah Islam ekstremis (banyak di antaranya adalah pengungsi dari Perang Sipil Aljazair) untuk mengambil alih. Pada tahun 1996 mereka memasang Abu Hamza al-Masri sebagai imam masjid, yang kemudian mengembangkan reputasi sebagai pusat Islam radikal di London. 
  • Suleymaniye Mosque
Masjid Suleymaniye (dalam bahasa Turki: Süleymaniye Camii) adalah sebuah masjid di Kingsland Jalan di London, Inggris yang melayani British Turki community. didanai oleh Pusat Kebudayaan Inggris Turki Islam dan konstruksi bangunannya dimulai pada tahun 1995, Akhirnya dibuka untuk masyarakat pada bulan Oktober 1999. dengan total luas bangunan 8.000 meter persegi, total kapasitas masjid dengan arsitektur bergaya Ottoman adalah 3.000 orang. Masjid juga meliputi ruang guna konferensi dan aula yang disewakan untuk pernikahan, ruang tamu, ruang kelas, dan fasilitas pelayanan pemakaman serta akomodasi untuk staf. Masjid ini juga memiliki kantin populer yang telah menjadi sesuatu pusat Islam utama London.

Pangeran Charles pernah mengunjungi masjid ini pada tahun 2001.

Semoga bermanfaat dan diberi kesempatan mengunjungi salah satu dari muholla/masjid diatas.

#Islamgram



























0 komentar:

Post a Comment