Friday, January 23, 2015

Filled Under:

Ragam Berita Islami

Dunia informatika kekinian memang benar-benar canggih. Segala akses dapat kita nikmati dan pergunakan hanya dengan menggeser-geser telunjuk pada layar. Hal tersebut tentu memberikan kemudahan-kemudahan dan pelbagai efisiensitas bagi penggunanya, disamping dampak-dampak negative apabila disalah gunakan.

Contoh paling mudah : 
Dizaman sebelum era informatika yang berkembang seperti sekarang ini, kita akan (sedikit) sulit mencari-cari hadist sesuai tema yang kita inginkan, derajat hadis tersebut, perawinya dsb. 
Namun dizaman informatika seperti sekarang ini, akses untuk hal-hal yang sebelumny di cari dengan cara manual seperti diatas sudah dijembatani dengan pelbagai program-program yang ada baik di gadget, komputer dsb. kita dapat mencari hadist mengenai tema A, B, C dsb. bahkan beberapa sudah mencantumkan bagaimana runtutan hadist, perawi, derajat kesahihan hadist. dsb.  pelbagai macam klasifikasi telah dilakukan demi kemudahan-kemudahan untuk mengaksesnya.

sebuah perkembangan yang menarik bukan?

Dalam ranah audio-visual pun perkembangan yang ada juga begitu progres. Mungkin di tahun 90an kita menyaksikan berbagai macam acara da'wah dan ceramah dengan menghadirkan 1 orang  da'i dan 1 orang pembawa acara yang sedang berdialog. dizaman tersebut metode dakwah yang di tampilkan memang seperti itu.
belakangan kita dapat menyaksikan berbagai macam ragam berita islami dengan berbagai macam metode pula.Berikut adalah beberapa ragam berita islami yang berhasil Islamgram rangkumkan untuk sobat-sobat pembaca sekalian :

  • Talk-show Interaktive
Dipertengahan 90'an metode talk-show interaktive sudah mulai masuk dan hadir di media televisi, termasuk dalam acara-acara bernafaskan dakwah. kekinia metode tersebut masih sering digunakan dengan pelbagai macam pengembangan menyesuaikan media komunikasi yang berkembang pula. tak jarang kini acara-acara dakwah di televisi menggunakan media twitter, skype dsb. dalam rangka membuka jalan para penonton untuk dapat berinteraksi dan mengikuti acara dakwah yang sedang berlangsung
  • Video-Slide
Ini adalah metode dakwah terbaru yang belakangan kerap mengisi televisi kita. dimana acara yang ditayangkan menampilkan pelbagai macam visualisasi tema dengan mamanfaatan slide video yang ada di youtube. info yang diberikan pun kemudian diklasifikasi sedemikian rupa dengan menambahkan video-video yang sedikit banyak mendeskripsikan tema. Misalnya : 4 hal yang membatalkan puasa menurut Islam, 5 Ibadah sunnah yang dianjurkan .... dsb.
  • Selebrity Magnet
Dunia selebritas diakui atau tidak menarik pelbagai macam element masyarakat [termasuk islam] untuk berbondong-bondong mengalihkan perhatian pada mereka. Segala macam pemberitaan di ekspos sedemikian rupa dan di hadirkan pada khalayak guna mengisi acara-acara televisi yang di tonton.
Beberapa acara Islami di televisi mencoba mengkombinasikan hal tersebut dengan menghadirkan selebriti dalam sebuah acara islami. kehadiran mereka sedikit banyak menjadi magnet dalam rangka mensyiarkan dakwah melalui media audio-visual kekinian
  • Ftv Islami
Cerita-cerita keseharian yang masih memiliki keterikatan dan keterikatan dengan dunia islam juga di kombinasikan dan di visualisasikan dan bahkan diperankan dalam sebuah frame FTV. cerita yang di hadirkan di skenariokan sedemikian rupa seperti kehidupan-kehidupan dan fenomena-fenomena yang kerap terjadi di masyarakat. skenario tersebut di bumbui dengan dakwah-dakwah islamiyah. sehingga penonton yang menyaksikan diharapkan dapat menarik intisari dan kesimpulan dari cerita yang ditayangkan.
Segala bentuk dakwah dan pelbagai macam modelnya semakin berkembang. Semoga kita selalu dibukakan hati dan fikiran dalam menerima dan memfilter dakwah-dakwah yang kita terima

Wallahu a'lam
#Islamgram

0 komentar:

Post a Comment