Sunday, January 25, 2015

Filled Under: ,

4 Tips Belajar Istiqomah

Menjalani dan menjaga suatu kegiatan untuk tetap ajeg  [continue & berkesinambungan] adalah perkara yang sangat tidak mudah. Dalam dunia islam Istiqomah [suatu penamaan yang digunakan untuk tetapnya suatu aktivitas] adalah sesuatu yang sangat sangat mulia, mengalahkan 1000 karomah [keajaiban/kesaktian] sekalipun.

الاستقامة افضل من الف كرامة

Mungkin sobat Islamgram pernah berniat untuk melakukan sebuah wirid atau mungkin melaksanakan daa imul wudlu, puasa senin-kamis secara continue sepulang dari sebuah majlis dan mendengarkan fadhilah-fadhilah dari ke-tiga contoh ibadah yang Islamgram tuliskan diatas. Namun, baru 2 atau 3 kali pelaksanaan kontinuitas tersebut terputus, lupa, datang rasa malas dsb. pernah begitu?

Tak mudah memang untuk menjalin aktivitas yang berkesinambungan, dibutuhkan perjuangan, tekad dan pelbagai usaha guna membuat aktivitas tersebut tetap langgeng. Berikut adalah beberapa tips yang Islamgram rangkumkan untuk sobat Islamgram dalam rangka belajar untuk menjadi Istiqomah, dalam hal-hal kebaikan tentunya :)

  • Paksa
Saat memulai suatu aktifitas dengan niatan istiqomah hal utama yang pasti menghadang adalah malas. rasa malas yang sangat sangat susah untuk di lawan. Namun, paksakanlah untuk melawan malas itu. tepikan segala alasan-alasan yang mengajak untuk tidak melakukan apa yang anda niatkan.  mungkin anda harus melawan kantuk demi berdiri di tengah malam bermunajat, atau melawan dinginnya air kala ingin beristiqomah dalam berjamaah subuh? lawan!! paksa diri anda untuk melawan segala rintangan tersebut. Allah akan membantu, Bissmillah
  • Niat dan Tekad bulat
Niat menjadi kunci utama dalam sebuah aktivitas. baik dalam hal ubudiyyah maupun aktivitas keseharian. Pentingnya niat menjadi tonggak fundamental dalam membantu sobat islamgram belajar istiqomah. keteguhan niat akan memberikan energy dalam melawan segala godaan dan gangguan. Niatkan karena Allah SWT. Insya allah segalanya mendapatkan kemudahan
  • Ilmu
Segala nya perlu ilmu.  sesorang yang tidak tahu ilmunya mencangkul mungkin hanya mendapat 3-4 gerobak saja dalam satu hari. namun berbeda bukan dengan orang yang sudah  memiliki ilmu mencangkul? Itulah gunanya ilmu. dengan ilmu sobat Islamgram dapat mengetahui bagaimana fadhilah dan keutamaan dari apa yang akan soba Islamgram Istiqomah-i. mengetahui tata caranya sehingga apa yang dilakukan benar-benar sesuai kaifiyah dan ketentuan yang berlaku dsb.
  • Patner
    Keberadaan patner akan memberikan semangat tersendiri, hal ini karena energy yang saling melengkapi. ketika patner anda mulai tak semangat anda yang mengingatkan dan sebaliknya. Ingat, Keberadaan patner adalah dalam rangka saling menyemangati, Jika saling mengggembosi, like call him patner in crime :D
     
  • Sholat 5 waktu 40 Hari secara berjama'ah
Sampai saat ini, saya masih ingat. Dimana salah satu guru menyarankan untuk "menjajal" melaksanakan sholat 5 waktu dalam 40 hari, dan lihat perubahan apa yang terjadi setelah itu! Kata beliau. Penasaran??  Anda boleh mencoba, dan buktikan perubahannya, Jika gagal ulangi lagi! 5 waktu, 40 hari berjamaah, full tanpa tawar!!!
  • Do'a
Memohon do'a dan memperbanyak do'a pada allah agar di lancarkan segala niatan kita.


Semoga bermanfaat
#Islamgram






















0 komentar:

Post a Comment