Tuesday, January 20, 2015

Filled Under: , ,

Yang mengurangi kesempurnaan Jum'at

Sholat Jum'at merupakan perkara yang wajib bagi muslim laki-laki di seluruh dunia sobat Inslamgram, Bukan karena menambah derajat kegantengan seperti yang biasa beredar. Namun memang sudah menjadi kewajiban bagi kaum lelaki untuk menunaikannya.

Melaksanakannya merupakan sebuah ibadah, dan akan lebih sempurna lagi ibadah tersebut apabila sobat Islamgram menghindari hal-hal yang memang dapat mengurangi kesempurnaan ibadah tersebut. Rugi bukan apabila kita melaksanakan sebuah ibadah namun tidak sekaligus meraih kesempurnaan didalamnya, ya paling tidak mendekati kesempuranaan. dengan jalan apa? Melaksanakan hal-hal yang menjadi tuntunan dalam pelaksanaan Sholat jum'at tentunya, Sunah-sunah yang dianjurkan Nabiyullah Muhammad SAW [Shollu alaih wa'ala alihi wa ashabihi ajma'in]

Sering kita menjumpai beberapa hal-hal yang "sudah biasa" ada didepan mata kita ketika melaksanakan ibadah wujub indal jum'at ini. "sudah terbiasa" belum tentu benar lho sobat Islamgram. Alahkah baiknya jika hal-hal yang "sudah biasa"  namun tidak sesuai tuntunan tersebut kita rubah sesuai tuntunannya bukan? 

Berikut beberapa hal yang dapat mengurangi kesempurnaan sholat jum'at yang "sudah biasa" kita jumpai, Namun perlu di rubah :

  • Datang Terlambat
Ini adalah kebiasaan buruk yang sebaiknya dihindari. Datang saat-saat menjelang akhir prosesi jum'ah selesai. Sunnah yang dianjurkan adalah berangkat lebih awal bukan sebaliknya. Banyak pahala terbuang sia-sia apabila kita datang terlambat, bukankah sobat Isalamgram pernah mendengar siapa datang duluan akan mendapat [pahala seperti berqurban] dengan unta? kalau pernah mendengar, mengapa tidak mulai merubah diri untuk melaksanakannya?
  • Mengisi Barisan Paling Belakang
Kebiasaan yang mengurangi kesempurnaan selanjutnya adalah mengisi barisan paling belakang, bukan sebaliknya (-__-). Padahal keutamaan-keutamaan yang seharusnya adalah mendekati Khatib, bukan duduk menjauhinya. Sudah datang terlambat mengisi shaf dan barisan belakang pula, gimana mau mendapat unta? 

  • Bercakap ketika Khutbah berlangsung
Bercakap dan beramah tamah dengan sesama muslim memang baik dan dianjurkan, namun jika salah waktu tentu akan menjadi fatal dan bukan menghadirkan keberkahan. Salah satunya adalah kebiasaan yang kerap terjadi dimana kita kerap bercengkrama saat khutbah berlangsung. Alangkah meruginya kita berangkat dengan pakaian rapi, wangi namun berada di shaf belakang dan ramai berbicara sendiri, naudzubillah min dzalik.
  • Sleeping In the Jum'ah


Ada salah satu anekdot yang mengatakan, "waktu tidur paling nikmat adalah ketika sholat jum'at, sedikit namun lega" 


Itu adalah perangkap penggoda yang dipasang oleh musuh kita [baca:syaitan] dalam menjerat kita agar jauh dari kesempurnaan ibadah. Mengantuk memang manusiawi, Namun usahakan jangan ketika sholat jum'ah. Alangkah baiknya melakukan naum qoilulah dahulu sebelum berangkat jum'atan. tidur sebentar untuk menghindari kantuk ketika khutbah berlangsung.
  • Terlambat rakaat sholat jum'at Namun.....

Banyak diantara kita yang tidak mengetahui bahwa terlambat pada rakaat ke -2 sholat jum'ah namun tidak mengganti/meneruskan masbuk-nya dengan sholat dhuhur. 

Para jumhur ulama' sepakat berpendapat bahwa apabila kita tertinggal satu rakaat jum'at maka kita meneruskan kekurangan 1 rakaat lagi. namun apabila kita tertinggal 2 rakaat [Datang masbuk pada saat imam ruku' rakaat kedua] maka kita wajib meneruskan ketertinggalan rakaat kita dengan sholat dzuhur.


Wallahu a'lam
Semoga bermanfaat

0 komentar:

Post a Comment