Friday, January 30, 2015

Filled Under: , ,

Peristiwa, Keutaman dan Amalan Hari Jum'at

Apa Istimewa hari jum'at?

Hari yang terkesan singkat? Hari yang hadir setelah kamis? [tentu].



Banyak istilah yang berhubungan dengan hari jum'at seperti jum'at agung dalam ranah kristiani, atau jum'at kliwon dalam dunia kejawen, Di Belahan America pun ada pula istilah "Black Friday" hari dimana orang akan berbelanja apapun barangnya dan sebanyak mungkin. Istilah Black Friday ini digunakan untuk menggambarkan betapa ramai dan mengganggunya para pejalan kaki dan kendaraan bagi lalu lintas , hal ini dimaksudkan karena Black Friday ini identik dengan diskon, belanja dan pesta, pesta diskon. Thanksgiving jatuh pada Kamis keempat di bulan November di Amerika Serikat, sehari setelah terjadi antara 23 dan 29 November. Karena Black Friday adalah sehari setelah Thanksgiving, maka tanggal Black Friday adalah diantara tanggal tersebut, 23-29 November.

Bagaimana pula hari jum'at dalam perspektif Islam?

Dulu, sebelum kedatangan nabi Muhammad SAW: nama Jumat dikenal dengan hari Arubah. Hari Jum’at adalah hari yang agak berbeda dengan hari-hari lainnya. Banyak peristiwa penting yang terjadi pada hari jum’at ini, sehingga ia menjadi istimewa dari hari-hari biasa. Rasulullahpun meminta setiap umat Muslim untuk memuliakan hari ini.

Dari Abu Hurairah radhiallahu anhu dia berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:
مَنْ تَوَضَّأَ فَأَحْسَنَ الْوُضُوءَ ثُمَّ أَتَى الْجُمُعَةَ فَاسْتَمَعَ وَأَنْصَتَ غُفِرَ لَهُ مَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْجُمُعَةِ وَزِيَادَةُ ثَلَاثَةِ أَيَّامٍ وَمَنْ مَسَّ الْحَصَى فَقَدْ لَغَا

Barangsiapa yang berwudhu lalu dia menyempurnakan wudhunya, kemudian dia mendatangi shalat jumat, lalu dia mendengarkan (khutbah) dan tidak berbicara, maka akan diampuni (dosa-dosa yang dilakukannya) antara hari itu sampai hari jumat depannya, ditambah tiga hari. Dan barangsiapa yang memegang-megang batu kerikil,maka dia telah berbuat kesia-siaan.” HR. Muslim no. 857

 
Hari jumat merupakan hari agung yang Allah mengistimewakan umat Islam dibandingkan semua umat sebelumnya dengan menganugerahkan kepada mereka hari ini. Hari jumat ini merupakan hari terciptanya manusia pertama, hari dia dimasukkan ke dalam surga, hari dia dikeluarkan darinya, dan tidak akan tegak hari kiamat kecuali pada hari jumat. Dia merupakan hari raya pekanan kaum muslimin, shalat berjamaah pada hari tersebut (shalat jumat) -ditambah syarat lainnya- merupakan penghapus dosa selama sepekan ke depan bahkan Allah menambahkan padanya 3 hari sebagai rahmat dan keutamaan-Nya kepada para hamba. Di akhir hari tersebut ada waktu mustajabah dimana Allah menjamin akan mengabulkan doa orang yang berdoa saat itu. Dan para ulama menyatakan bahwa waktu tersebut adalah antara shalat ashar dan maghrib di akhir hari jumat.

Beberapa peristiwa yang terjadi pada hari jum'at dalam sejarah Islam adalah :

  • Allah menciptakan Nabi Adam As. dan mewafatkannya. Hari Nabi Adam As. dimasukkan ke dalam surga dan diturunkan darinya, serta hari diterimanya taubat Nabi Adam As. Selain itu, hari jumat adalah hari pertemuan atau pernikahan - Nabi Adam dan Siti Hawa juga diciptakan pada hari yang luar biasa ini.
Abu Hurairah radhiallahu anhu dia berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:
خَيْرُ يَوْمٍ طَلَعَتْ عَلَيْهِ الشَّمْسُ يَوْمُ الْجُمُعَةِ فِيهِ خُلِقَ آدَمُ وَفِيهِ أُدْخِلَ الْجَنَّةَ وَفِيهِ أُخْرِجَ مِنْهَا
Sebaik-baik hari adalah hari Jum’at, karena pada hari itulah Adam diciptakan, pada hari itu pula dia dimasukkan ke dalam surga, dan pada hari itu pula dia dikeluarkan darinya.”HR. Muslim no. 854
Pada redaksi yang lain :
Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata:
“Hari paling baik dimana matahari terbit pada hari itu adalah hari jumat, pada hari itu Adam diciptakan, dan pada hari itu pula Adam dimasukkan ke dalam surga, serta diturunkan dari surga, pada hari itu juga kiamat akan terjadi, pada hari tersebut terdapat suatu waktu dimana tidaklah seorang mukmin shalat menghadap Allah mengharapkan kebaikan kecuali Allah akan mengabulkan permintannya.” (HR. Muslim)
  • Hari bagi kaum muslimin
    Hari jum’at adalah hari berkumpulnya umt Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam masjid-masjid mereka yang besar untuk mengikuti shalat dan sebelumnya mendengarkan dua khutbah jum’at yang berisi wasiat taqwa dan nasehat-nasehat, serta do’a. Dari Kuzhaifah dan Rabi’i bin Harrasy radhiyallahu ‘anhuma bahwa Rasulullahshallallahu ‘alaihi wa sallam berkata, “Allah menyesatkan orang-orang sebelum kami pada hari jum’at, Yahudi pada hari sabtu, dan Nasrani pada hari ahad, kemudian Allah mendatangkan kami dan memberi petunjuk pada hari jum’at, mereka umat sebelum kami akan menjadi pengikut pada hari kiamat, kami adalah yang terakhir dari penghuni dunia ini dan yang pertama pada hari kiamat yang akan dihakimi sebelum umat yang lain.” (HR. Muslim dan Ibnu Majah)
  • Perang Badar
Peristiwa perang pertama dalam Islam yang dikenal Perang Badar, tepatnya hari Jumat, 2 Ramadhan tahun ke-2 Hijrah. Perang ini melibatkan tentara Islam sebanyak 313 anggota berhadapan dengan 1.000 tentara musyrikin Makkah yang lengkap bersenjata. Dalam perang ini, tentara Islam memenangkan pertempuran dengan 70 tentara musyrikin terbunuh, 70 lagi ditawan. Sisanya melarikan diri.
  • Kiamat
Jumat adalah hari, terjadinya kiamat, dimana tiada satupun yang tahu kapan waktunya kecuali Allah SWT.Hari tiada lagi kesempatan untuk berbuat kebaikan, hari setiap manusia dibangkitkan kembali dan diminta pertanggungjawaban amal ibadah yang telah kita lakukan di dunia.

    • Hari Pernikahan Nabi Adam AS dan Siti Hawa
    • Hari Pernikahan Nabi Yusuf AS dan Zulaikha
    • Hari Pernikahan Nabi Musa AS dan Shafrawa
    • Hari Pernikahan Nabi Sulaiman AS dan Ratu Balqis
    • Hari Pernikahan Nabi Muhammad SAW dan Siti Khadijah
    • Hari Pernikahan Sayyidina Ali bin Abi Thalib dan Siti Fatimah

      Amalan-Amalan yang Disyari’atkan pada Hari Jum’at
      • Memperbanyak shalawat
      Dari Abu Umamah radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallamberkata, “Perbanyaklah shalawat kepadaku setiap hari jum’at karena shalawatnya umatku akan dipersembahkan untukku pada hari jum’at, maka barangsiapa yang paling banyak bershalawat kepadaku, dia akan paling dekat derajatnya denganku.” (HR. Baihaqi dengan sanad shahih)
      • Membaca surat Al Kahfi
      Dari Abu Sa’id Al-Khudri radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:“Barangsiapa membaca surat Al-Kahfi pada hari jum’at akan diberikan cahaya baginya diantara dua jum’at.” (HR. Al Hakim dan Baihaqi dishahihkan oleh Syaikh Al-Albani)
      • Memperbanyak do’a
      • Mandi, bersiwak, dan memakai wangi-wangian.
      • Berpagi-pagi menuju tempat shalat jum’at.
      • Diam mendengarkan khatib berkhutbah.
      • Memakai pakaian yang terbaik.
      • Melakukan shalat sunnah selama imam belum naik ke atas mimbar.
      Semoga Bermanfaat
      #Islamgram

      0 komentar:

      Post a Comment