Sunday, February 1, 2015

Filled Under: ,

Tips Untuk Ibu Hamil, Islami

Bissmillahirrahmanirrahim

Apa kabar pembaca sekalian? di awal bulan kedua 2015 ini semoga dalam lindungan-Nya. 
Salah satu anugerah dari Allah SWT yang sangat tak terperikan bahagianya adalah masa kehamilan. Masa yang dinanti-nantikan para suami-isteri. Pertanda bahwa amanah Allah SWT akan segera hadir. Anugerah yang Allah berikan kepada seorang perempuan sungguh luar biasa, Allah memberikan talenta majemuk kepada seorang perempuan atau berperan ganda dalam hidup, [Jadi inget Ibu nih pembaca sekalian]

Anugerah dan Nikmat adalah ketika para perempuan berperan menjadi hamba Allah, mendirikan sholat, puasa, sedekah dan berusaha menjaga iffah (kehormatan) dan izzah-nya (harga diri). Kemudian anugerah ketika Allah mempertemukan ia dengan jodohnya (suami) dan menikah kemudian Ia berperan sebagai istri, melayani suami sepenuh hati karena Allah, agar semua yang ia lakukan bernilai ibadah.
Dan anugerah yang tak kalah luar biasanya adalah ketika Allah memberikan kepercayaan kepadanya mengandung (hamil). Salah satu anugerah sekaligus menjadi peran berat yang harus dilalui perempuan adalah saat ia hamil. dimana Perempuan harus mengandung selama 9 bulan, "menggendong" janin kesana-kemari mulai dari kecil dan hanya seberat beberapa ons hingga berat mencapai takaran kilo di dalam perut. Kemudian mempertaruhan nyawa ketika melahirkan. Tak salah jika Surga itu berada dibawah telapak kaki ibu, subhanallaah.
Disebutkan dalm kitam uqud al-lijain (imam nawawi albanteni):

وَقَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: أَمَا تَرْضَى إِحْدَاكُنَّ أَيَّتُهَا النِّسَاءُ) أي نساء هذه الأمة (إنَّهَا إِذَا كَانَتْ حَامِلاً مِنْ زَوْجِهَا وَهُوَ عَنْهَا رَاضٍ) بأن تكون مطيعة له فيما يحل، ومثلها الأَمة المؤمنة الحاملة من سيدها (أَنَّ لَهَا) أي بأن لها مدة حملها (مِثْلَ أَجْرِ الصَائِمِ القَائِمِ فِيْ سَبِيْلِ اللهِ) أي في الجهاد

Tersebut dalam riwayat bahwa NAbi Muhammad S.A.W bersabda : ”Apakah salah seorang di antara kamu senang,wahai kaum isteri,kalau kamu sedang mengandung dari hasil hubungan dengan suaminya, sementara suaminya merasa senang. Sesungguhnya perempuaan yang sedang hamil memperoleh pahala seperti pahalanya orang yang sedang berpuasa sambil perang di jalan Allah.
Memiliki anak yang soleh-soleha merupakan dambaan semua orang tua di bumi Allah ini. Untuk mewujudukan harapan itu persiapan dan pelbagai proses dilakukan. bahkan dimulai semenjak sang ibu telah mengandung. Masih ingat sebuah penelitian mengenai memperdengarkan music classic pada anak? hal tersebut salah satu bukti bahwa tarbiyyah [pendidikan] sudah dilakukan saat anak masih ada dalam kandungan.
Berikut adalah beberapa amalan dan tips untuk ibu yang sedang mengandung, yang Islamgram rangkumkan untuk pembaca sekalian, dalam rangka berbagi pengetahuan guna mewujudkan harapan anak-anak yang soleh-soleha.
  • Bersyukur
Adalah sebuah anugerah tersendiri diamanati calon/bakal anak. Sudah sepatutnya sebagai Hamba Allah kita memperbanyak  syukur kepada Allah atas kenikmatan yang diberikan. Sehingga sedapatnya amanat ini tidak menjadi cobaan. Memberbanyak mengucap kalimat syukur dan tasbih, menjaga kesehatan janin menjadi amalan-amalan syukriyyah yang dapat dilakukan.
  •  Do'a dan Sedekah
Do'a adalah senjatanya orang Islam. pun dalam keadaan hamil, memperbanyak do'a-do'a yang baik merupakan suatu wujud amalan yang dianjurkan, terlebih dengan menambahkan sedekah yang diperuntukkan untuk calon anak. Berikut beberapa do'a yang dapat diamalkan para ibu yang sedang mengandung :
  • Doa untuk wanita hamil dari Habib Abdul Qadir bin Ahmad Assegaf, do'a berikut dibaca setiap habis sholat lima waktu :

بسم الله الرّحمن الرّحيم

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَ عَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّد، اللَّهُمَّ احْفَظْ وَلَدِيْ مَا دَامَ فِيْ بَطْنِي وَاشْفِهِ مَعَ أُمَةِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ نَبِيِّكَ وَ رَسُوْلِكَ، أَنْتَ شَافٍ لاَ شِفَاءَ إِلاَّ شِفَاءُكَ شِفَاءً عَاجِلاً لاَيُغَادِرُ سَقَمًا،اللَّهُمَّ صَوِّرْهُ فِيْ بَطْنِيْ صُوْرَةً حَسَنَةً،وَثَبِّتْ قَلْبَهُ إِيْمَانًا بِكَ وَبِرَسُوْلِكَ،اللَّهُمَّ أَخْرِجْهُ مِنْ بَطْنِيْ وَقْتَ وِلاَدَتِيْ سَهْلاً وَسَلِيْمًا فِيْ الدُّنْيَا وَالآخِرَةِ وَتَقَبَّلْ دُعَاءَنَا كَمَا تَقَبَّلْتَ دُعَاءَ نَبِيِّكَ وَ رَسُوْلِكَ سَيّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَآلِهِ وَسَلَّمَ،اللَّهُمَّ احْفَظِ اْلوَلَدَ الَّذِيْ أَخْرَجَكَ مِنْ عَالَمِ الظَّلاَمِ إِلَى عَالَمِ النُّوْرِ وَ اجْعَلْهُ صَحِيْحًا كَامِلاً عَاقِلاً لَطِيْفَا،اللَّهُمَّ اجْعَلْهُ شَهِيْدًا وَ مُبَارَكًا وَعَالِمًا وَ حَافِظًا مِنْ كَلاَمِكَ اْلمَكْنُوْنِ وَكِتَابِكَ الْمَحْفُوْظِ،اللّهُمَّ طَوِّلْ عُمْرَهُ وَ صَحِّحْ جَسَدَهُ وَأَفْصِحْهُ لِقِرَاءَةِ اْلقُرْآنِ اللَّهُمَّ اجْعَلْهُ صَبْرًا مِنَ اْلمَرَضِ وَ اْلأَسْقَامِ وَالْعَطَشِ بِبَرْكَةِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَآلهِ وَ سَلَّمَ وَ جَمِيْعِ اْلأَنْبِيَاءِ وَ اْلمُرْسَلِيْنَ وَ اْلمَلاَئِكَةِ اْلمُقَرَّبِيْنَ، إِنَّ اللهَ وَ اْلمَلاَئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيْ يَآ أَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمَا،وَآخِرُ دَعْوَانَا أَنِ اْلحَمْدُ لِلّهِ  رَبِّ اْلعَالَمِيْنَ.آمين

  • Do'a agar tidak keguguran
Doa dari Habib ahmad bin hasan alathos didalam kitab Tadzkirun-nas agar tidak keguguran insyaallah, maka dianjurkan bagi wanita hamil  untuk meletakkan tanganya diatas perutnya sambil membaca "ya khasiib" sebanyak 7 kali disetiap habis sholat 5 waktu:

يَا حَسِيْب x7 

  • Memperbanyak do'a al-karb:

لاَاِلَهَ اِلاَّ اللهُ العَظِيْمُ اْلحَلِيْمُ،لاَاِلَهَ اِلاَّ اللهُ رَبُّ اْْلعَرْشِ اْلعَظَيمِْ،لاَاِلَهَ اِلاَّاللهُ رَبُّ السَّمَاوَاتِ السَّبْعِ وَ الأَرَضِيْنَ السَّبْعِ وَ رَبُّ اْلعَرْشِ اْلكَرِيْمِ.

  •  Do'a untuk para Suami
Bagi suami dianjurkan untuk memperbanyak bacaan doa dibawah ini ketika istrinya  sudah ada tanda-tanda melahirkan:

حَنَّا وَلَدَتْ مَرْيَم، مَرْيَم وَلَدَتْ عِيْسَى أُخْرُجْ أَيُّهَا اْلمَوْلُوْدُ بِإِذْنِ اْلمَلِكِ اْلمَعْبُوْدِ

  • Lakukan proses tarbiyah (pendidikan) anak sejak dalam kandungan. Yaitu dengan cara mengajari janin melalui perilaku dan perbuatan ibu dan suami dalam rumah tangga. Insyaallah bila ibu dan suami rajin menjaga shalat tepat waktu, membaca Al Quran, dzikir pagi dan sore, dan berbagai ibadah lainnya akan memberi pengaruh positif bagi janin. 
  • Penting bagi ibu menjaga kondisi emosi, tidak mudah marah misalnya, menjaga lisan dengan menghindari kata-kata yang tidak tepat, juga menjadi bagian penting dalam tarbiyah anak.
  • Memperhatikan asupan makanan. Dalam Q.S Al-Baqoroh ayat 168 Allah berfirman, “Wahai manusia makanlah makanan yang ada di bumi yang halal lagi baik.” Berikan makanan yang halal kepada janin. Jangan sampai ada makanan haram masuk kedalam perut ibu, karena kehalalan rizki juga akan berpengaruh bagi janin. Makanlah makanan yang halal, baik dan bergizi, agar janin tetap sehat.
  • Kehalalan rizki. Perhatikan kehalalan apapun yang kita pakai dan makan. Jika ada yang subhat, lebih baik ditinggalkan. Pilih barang atau makanan yang sudah jelas kehalalannya.
  • Memperbanyak sholawat kepada Nabi Muhammad SAW
  • Perbanyak Membaca Al-qur'an 
  1. Surah Al-Fatihah : Penenang dan Penambah daya ingat 
  2. Surah Yusuf : Guna memperoleh keturunan yang cantik dan rupawan [jasmani rohani] 
  3. Surah Luqman : Guna memperoleh keturunan yang cerdas 
  4. Surah Maryam : Guna memperoleh keturunan yang taat, sabar dan pengharapan kelancaran proses bersalin 
  5. Surah At-Taubah : Guna menjauhkan dari hal-hal maksiat 
  6. Surah An-Nahl : Memperoleh keturunan yang disiplin
Semoga bermanfaat
#Islamgram

 
 


0 komentar:

Post a Comment