Sunday, November 3, 2013

Filled Under:

Tahun Baru Hijriyah, Sekelumit kisah, Amaliyah dan ProKontra


Kita mengenal beberapa penanggalan, Masehi, Imlek, Hijriyah, Jawa, Aztek, Inka dsb. Hampir setiap penanggalan memiliki perayaan tersendiri ketika datang Awal tahun. Kalender Masehi misalnya Ada tiup terompet, menantikan detik 00.00 and every thing that's usually i, you, us and we do (maybe). Ada pula kalender Imlek dengan pembagian Ang-pao, Tradisi bagi rejeki bangsa cina sebagai wujud syukur atas datangnya tahun baru.



Dalam kalender Hijriyah pun terdapat amaliyah-amaliyah yang di lakukan dalam rangka menyambut, mensyukuri sekaligus merefleksikan hadirnya Tahun Baru yang setiap 1 Muharram menambah 1 angka di digit tahunnya. Berbeda dengan penanggalan Masehi, Hampir tak ada pesta hura-hura dalam peringatan Tahun baru Hijriyah. Ini menandakan bahwa bertambahnya tahun adalah bertambahnya umur, Konsekuensinya umur berkurang. Maut semakin dekat, Mati siapa yang tahu?? Sampai mana persiapanmu? Kira-kira itulah yang tersirat. Harapan dan Semangat semakin baik tentu ada, namun tidak lantas di media dan di ekspresikan dengan hura-hura atau bahkan huru-hara. Intinya banyak amaliyah yang di lakukan dengan tujuan taqarrub ilallah.

Berikut beberapa Amaliyah yang sering di lakukan ketika tahun baru Hijriyah di depan mata :

  • Puasa Akhir dan Awal Tahun
Beberapa kalangan Ulama menganjurkan untuk berpuasa di penghujung hari akhir tahun. dan di Hari pertama Hijriyah (1 Muharram). Jika kita tilik dari segi hikmah, Puasa adalah menahan nafsu, pelaksanaanya di akhir tahun guna menggugah rasa prihatin, Sadar akan segala perbuatan yang telah di perbuat dalam setahun terakhir. Beberapa kalangan menyebutkan tidak ada anjuran (Rasul) berpuasa di akhir tahun. Terlepas dari proKontra tersebut alangkah baik jika melaksanakannya, Berkontemplasi dan bertafakur dengan medium puasa di penghujung tahun tidak merugikan. 
  • Do'a Awal dan Akhir Tahun
Banyak perdebatan mengenai amaliyah ini, Sebagian kalangan menyebutkan amaliyah ini tidak pernah ada pada masa Rasulullah. Sebagian kalangan menganjurkannya, yakni membaca do'a akhir dan awal tahun. 
Do'a adalah senjata, Sekaligus sebagai media pengharapan umat kepada Tuhannya. Berdo'a yang baik dengan niat baik seperti pada awal dan akhir tahun tentu lebih baik dari pada mendo'akan celaka tetangga anda bukan?

Do'a Awal Tahun : 
وصلى الله على سيدنا ومولانا محمد وعلى اله وصحبه وسلم. اللهم ما عملت فى هذه السنة مما نهيتنى عنه فلم اتب منه ولم ترضه ولم تنسه وحلمت علي بعد قدرتك على عقوبتى ودعوتنى الى التوبة منه بعد جراءتى على معصيتك. فانى استغفرك فاغفرلي وماعملت فيها مما ترضه ووعدتنى عليه الثواب فاسالك اللهم يا كريم يا ذالجلا ل والاكرام. ان تتقبله منى ولا تقطع رجائي منك يا كريم. وصلى الله على سيدنا محمد وعلى اله وصحبه وسلم

Bismillaahir-rahmaanir-rahiim

Wa shallallaahu 'ala sayyidinaa Muhammadin wa 'alaa aalihi wa shahbihii wa sallam.

 
Allaahumma maa 'amiltu fi haadzihis-sanati mimmaa nahaitani 'anhu falam atub minhu wa lam tardhahu wa lam tansahu wa halamta 'alayya ba'da qudratika 'alaa uquubati wa da'autani ilattaubati minhu ba'da jur'ati alaa ma'siyatika fa inni astaghfiruka fagfirlii wa maa 'amiltu fiihaa mimma tardhaahu wa wa'adtani 'alaihits-tsawaaba fas'alukallahumma yaa kariimu yaa dzal-jalaali wal ikram an tataqabbalahuu minni wa laa taqtha' rajaai minka yaa karim, wa sallallaahu 'alaa sayyidinaa Muhammadin Nabiyyil ummiyyi wa 'alaa 'aalihii wa sahbihii wa sallam

Artinya:


Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.

 
Semoga Allah melimpahkan rahmat dan keselamatan kepada junjungan kami Nabi Muhammad SAW,beserta para keluarga dan sahabatnya. Ya Allah, segala yang telah ku kerjakan selama tahun ini dari apa yang menjadi larangan-Mu, sedang kami belum bertaubat, padahal Engkau tidak melupakannya dan Engkau bersabar (dengan kasih sayang-Mu), yang sesungguhnya Engkau berkuasa memberikan siksa untuk saya, dan Engkau telah mengajak saya untuk bertaubat sesudah melakukan maksiat. 

Karena itu ya Allah, saya mohon ampunan-Mu dan berilah ampunan kepada saya dengan kemurahan-Mu.
 
Segala apa yang telah saya kerjakan, selama tahun ini, berupa amal perbuatan yang Engkau ridhai dan Engkau janjikan akan membalasnya dengan pahala, saya mohon kepada-Mu, wahai Dzat Yang Maha Pemurah, wahai Dzat Yang Mempunyai Kebesaran dan Kemuliaan, semoga berkenan menerima amal kami dan semoga Engkau tidak memutuskan harapan kami kepada-Mu, wahai Dzat Yang Maha Pemurah.
 
Dan semoga Allah memberikan rahmat dan kesejahteraan atas penghulu kami Muhammad, Nabi yang Ummi dan ke atas keluarga dan sahabatnya.

Do'a Awal Tahun :

Waktu pelaksanaan setelah selesai sholat fardhu Magrib, dengan bunyi do’a awal tahun sebagai berikut :

وصلى الله على سيدنا محمد وعلى اله وصحبه وسلم. اللهم انت الابدي القديم الاول وعلى فضلك العظيم وجود ك المعول. وهذا عام جديد قد اقبل. نسألك العصمة فيه من الشيطان واوليائه وجنوده والعون على هذه النفس الامارة بالسوء والاشتغال بما يقربنى اليك زلفى . يا ذاالجلال والاكرام . يا ارحم الراحمين. وصلى الله على سيدنا محمد وعلى اله وصحبه وسلم

Bismillaahir-rahmaanir-rahiim

Wa shallallaahu 'alaa sayyidinaa Muhammadin wa 'alaa 'aalihi wa shahbihii wa sallam.
Allaahumma antal-abadiyyul-qadiimul-awwalu, wa 'alaa fadhlikal-'azhimi wujuudikal-mu'awwali, wa haadza 'aamun jadidun qad aqbala ilaina nas'alukal 'ishmata fiihi minasy-syaithaani wa auliyaa'ihi wa junuudihi wal'auna 'alaa haadzihin-nafsil-ammaarati bis-suu'i wal-isytighaala bimaa yuqarribuni ilaika zulfa yaa dzal-jalaali wal-ikram yaa arhamar-raahimin, wa sallallaahu 'alaa sayyidina Muhammadin nabiyyil ummiyyi wa 'alaa 'aalihi wa shahbihii wa sallam
Artinya:

Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.

Semoga Allah senantiasa melimpahkan rahmat dan keselamatan kepada junjungan kami Nabi Muhammad SAW, beserta keluarga dan sahabatnya.

Ya Allah Engkaulah Yang Abadi, Dahulu, lagi Awal. Dan hanya kepada anugerah-Mu yang Agung dan Kedermawanan-Mu tempat bergantung.

Dan ini tahun baru benar-benar telah datang. Kami memohon kepada-Mu perlindungan dalam tahun ini dari (godaan) setan, kekasih-kekasihnya dan bala tentaranya. Dan kami memohon pertolongan untuk mengalahkan hawa nafsu amarah yang mengajak pada kejahatan, agar kami sibuk melakukan amal yang dapat mendekatkan diri kami kepada-Mu wahai Dzat yang memiliki Keagungan dan Kemuliaan. Semoga Allah senantiasa melimpahkan rahmat dan keselamatan kepada junjungan kami Nabi Muhammad SAW, Nabi yang ummi dan ke atas para keluarga dan sahabatnya.
 
 
Semoga Bermanfaat, #Islamgram

0 komentar:

Post a Comment