Wednesday, July 1, 2015

Filled Under: ,

MINUMAN BERBUKA PUASA

Tak dapat dipungkiri, ketika berpuasa asupan cairan tidak di terima tubuh. Ya jelaslah, kalau menerima asupan itu nanti batal hehehe...

Ketika bedug magrib di tabuh dan berdentam, setelah membaca doa berbuka puasa (hayo do'a nggak kalau mau buka?) gelas adalah benda pertama yang di saut, atau sendok yang mengangkut asupan es teler untuk masuk kedalam tubuh. Air...ya air, tubuh begitu dahaga dengan air, tak apa belakangan makan ayam bakar, kue lezat atau pelbagai hidangan lain, asal jangan menomor sekiankan air.

MINUMAN BERBUKA PUASA, YANG BAIK DAN SEHAT

Saat berpuasa, gula darah dipastikan akan menurun. Pasti teman-teman ada yang merasakan pusing, berkeringat dingin, dan lemas bukan saat baru pertama menyantap hidangan berbuka? Agak-agak kaget gitu hehe...

Saat berbuka tubuh perlu memakan makanan manis untuk meningkatkan Indeks Glikemik (IG) di dalam tubuh. 
 
IG merupakan ukuran kecepatan makanan diserap menjadi gula darah. Semakin tinggi indeks glikemik suatu makanan, semakin cepat dampaknya terhadap kenaikan gula darah. Namun meskipun dikatakan tubuh perlu makanan dan minuman manis saat berbuka, bukan berarti akan menjadi sehat jika terus mengonsumsi makanan atau minuman manis tersebut. 
 
 
Contoh minuman yang baik untuk berbuka dan sudah sering disajikan adalah teh manis. Teh manis perlu dibuat dengan komposisi yang tepat agar manisnya sesuai dengan kebutuhan tubuh. Sebaiknya setiap 200 cc air hangat, maksimal menggunakan 1 sendok makan gula pasir. Jika gula pasirnya lebih dari jumlah ini, maka IG-nya pun akan menjadi berlebihan.

Adapula alternative lain pengganti teh manis, Menurut pakar spesialis gizi, jika memungkinkan sebaiknya pilihlah air kelapa murni untuk berbuka puasa. Air kelapa murni mengandung elektrolit yang baik untuk tubuh setelah seharian tidak mendapat cukup asupan cairan. Air kelapa yang diminum juga sebaiknya tidak perlu ditambahkan gula pasir, lebih baik yang alami. Jika memang ingin cita rasa yang lebih manis, ada baiknya menggunakan madu atau gula aren sebagai pengganti gula pasir.
 
Jus buah bisa juga menjadi minuman pilihan untuk berbuka puasa. Selain menyegarkan, jus buah juga bermanfaat untuk kesehatan dan mampu mengembalikan energi juga membuat tubuh kembali terhidrasi dengan baik. 

MINUM ES
 


Menurut kesehatan, meminum es menimbulkan efek kenyang, Padahal saat berbuka adalah waktu yang tepat untuk memberi nutrisi pada tubuh. Jadi sebaiknya jangan dibuat kenyang duluan hanya dengan minum es. Sebenarnya tidak ada masalah meminum es saat berbuka, asal tidak berlebihan, sekedarnya saja. Usahakan untuk terlebih dahulu menstabilkan lambung dengan memulai berbuka dengan minuman yang hangat atau tidak dingin.
 
diolah dari berbagai sumber
 
#IslamGram
 

0 komentar:

Post a Comment