Monday, August 5, 2013

Filled Under: ,

Pemimpin dunia yang pernah berkunjung ke Masjid Istiqlal

Masjid Istiqlal, Masjid Agung yang terletak di Ibu Kota Indonesia ini pernah di kunjungi beberapa pemimpin dunia, baik dari kalangan muslim maupun non-muslim. Arsitektur bangunan yang kokoh dan masyhur menjadi sebuah daya tarik kunjungan para pemimpin dunia tersebut.

Masjid yang didirikan pada tahun 1961 dan selesai dibangun tahun 1978 itu bangunan utamanya berdiri diatas tanah seluas tiga hektar dan luas keseluruhannya mencapai 9.5 hektar. Gagasan awal dibangunnya masjid megah ini ketika sekumpulan tokoh Islam mendirikan yayasan yang bertujuan mendirikan masjid agung dengan nama Masjid Istiqlal di Jakarta.

Kata Istiqlal berasal dari bahasa arab yang berarti kemerdekaan. Kata ini dipakai sebagai rasa syukur kaum muslimin kepada Allah atas anugerah kemerdekaan setelah mengalami masa penjajahan yang cukup panjang.

Pada tahun 1955, diadakan sayembara untuk memilih desain bangunan megah ini. Dari 27 desain hanya 22 desain yang memenuhi syarat sayembara, panitia sepakat untuk memilih satu desain dengan nama sandi "Ketuhanan" buatan arsitek F Silaban. F Silaban pada masa itu merupakan arsitek terkenal di Indonesia. Selain Istiqlal, karya lainnya yang masih menghiasi ibukota adalah desain gedung BI.

Istiqlal terdiri dari sebuah bangunan masjid, taman, halaman parkir, kolam air mancur serta sungai yang mengelilingi areal parkir masjid. Bangunan masjid terdiri dari gedung utama, gedung pendahuluan, teras raksasa, menara dan lantai dasar.

Gedung induk terdiri dari lantai utama yang berfungsi untuk shalat dengan kapasitas 16.000 orang dan pada samping kiri, kanan serta belakang terdapat lantai bertingkat lima yang dapat menampung jamaah sebanyak 61.000 orang. Gedung ini memiliki 12 pilar besar sebagai simbol tanggal kelahiran Nabi Muhammad SAW.

Pilar-pilar tersebut menyangga sebuah kubah raksasa yang memiliki garis tengah 45 meter. Di belakang gedung induk terdapat gedung pendahuluan yang berfungsi sebagai penghubung ke lantai atas. Selain itu juga, dapat berfungsi untuk shalat 8.000 jamaah.

Selain dua gedung tersebut, Masjid Istiqlal juga mempunyai teras ukuran raksasa berukuran 19.800 meter persegi yang dapat menampung sekitar 50.000 jamaah. Sementara itu, menara mesjid yang berfungsi sebagai tempat pengeras suara dirancang berlubang-lubang untuk mengurangi tekanan dan hembusan angin. Menara ini memiliki ketinggian sekitar 6.666 sentimeter.

Di atas tempat adzan adalah puncak menara yang terbuat dari baja tahan karat seberat 28 Ton dengan tinggi 30 meter. Lantai dasar berada di bawah gedung induk, gedung pendahuluan dan teras raksasa. Di lantai dasar tersebut, terdapat ruangan kaca luas yang pernah digunakan untuk Festival Istiqlal pertama dan kedua pada tahun 1991 dan 1995. Selain itu, terdapat puluhan ruangan yang terdiri dari dua aula dan beberapa perkantoran. Aula ini berfungsi sebagai tempat diskusi ilmiah dan pertemuan. Hingga saat ini, bentuk bangunan masjid tidak berubah sejak dibangun pertama kali. 

Berikut Beberapa Pemimpin dunia yang pernah berkunjung ke Masjid Istiqlal :

  • Bill Clinton

November 1994, Selama kunjungannya ke Indonesia dalam rangka menghadiri pertemuan para pemimpin APEC Bill Clinton menyempatkan diri berkunjung ke Masjid Istiqlal.

Kunjungannya begitu singkat, hanya sekitar 30 menit. Kyai Natsir [Pengelola Masjid Istiqlal kala itu]  memperlihatkan kepada tamunya betapa Islam merupakan agama hidayah yang penuh damai. "Tidak seperti di Timur Tengah," katanya. Istiqlal sendiri, yang berarti "kemerdekaan", dirancang oleh arsitek Kristen F. Silaban pada masa Soekarno. Masjid itu berdiri damai berseberangan jalan dari Katedral Katolik.

Kyai Natsir juga menunjukkan mushaf Alquran kepada Clinton, yang kala itumasih dalam proses pengerjaan. Dari 900 halaman yang direncanakan, hingga  baru 500 halaman yang sudah diselesaikan.Bagian yang akan dipamerkan adalah Surat Al Fatihan, Surat Al Kahfi, dan SuratAl Falaq serta An Naas. "Surat-surat ini dipilih karena hiasan tepinya dibuat khusus dan menggambarkan ornamen dari 27 provinsi di Indonesia," katanya. Penulisan awal mushaf ini dilakukan oleh Presiden Soeharto pada 15 Oktober  1991. Mushaf ini,  diresmikaan pada 17 Agustus 1995 sebagai kado ulang tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-50.

Kunjungan Clinton yang di muat Harian Republika
  • Pangeran Charles
Pangeran Charles

Pangeran Charles atau Prince of Wales tiba di Bandara Halim Perdana Kusuma Jakarta, Sabtu sore sekitar pukul 15.30 WIB guna mengawali lawatan lima hari di Indonesia, 1-5 November 2008.

Kedatangannya di sambut  sejumlah tokoh agama, seperti Ketua PBNU kala itu Hasyim Muzadi, Ketua PP Muhammadiyah Din Syamsudin dan Asyumardi Azra (mantan Rektor UIN) Di Masjid Istiqlal, ayah dari Pangeran William dan Harry itu dipandu Imam Besar Masjid Istiqlal guna berkeliling masjid yang diawali dari pintu Al Fattah menuju lantai dua.

Setelah mendengarkan penjelasan mengenai sejarah, arsitektur, dan beberapa hal terkait, Charles yang sore itu mengenakan jas berwarna abu-abu didampingi rombongannya melakukan pertemuan tertutup dengan beberapa tokoh agama Indonesia di salah satu ruang di Masjid Istiqlal.
 

  • Barack Husein Obama

Presiden Amerika ke-44 ini bernostalgia ketika berkunjung ke Indonesia, Telah umum bahwa masa kecil Obama pernah bermukim di area Menteng Dalam,  Jakarta [Sekitar Akhir 1960an]. tak pelak Obama masih hafal nama-nama makanan khas Indonesia plus pelafalan-nya seperti : Sate, Nasi Goreng.



Michelle, Ali Mustof Ya'qub & Obama di Istiqlal
Tanggal 9 November 2010 dijadwalkan berkunjung masjid Istiqlal Jakarta pada pagi hari sekitar pukul 8.30 WIB sampai dengan pukul 9.00 WIB. Obama yang masuk ke Istiqlal melalui pintu Al Malik sebelah barat dan akan memasuki ruang tamu VIP (very Important Person) dan menuju Beduk yang kemudian berjalan menuju ke menara masjid Istiqlal dan keluar lewat pintu yang sama.Obama diajak melihat beduk raksasa beukuran 1.5 x 2 meter, dipandu oleh Imam besar masjid Istiqlal KH Ali mustofa Ya`qub yang akan menjelaskan kondisi yang ada di masjid.

Tak sendiri, Obama di dampingi Istri Tercintanya Michelle Robinson Obama.

Selain 3 tokoh diatas, Pemimpin lain yang pernah berkunjung ke Istiqlal adalah : 

 
Mahmoud Ahmaddinejad
  • Mantan Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad
  • Presiden Libya Muammar Gaddafi
  • Li Yuanchao wakil ketua Partai Komunis China
  • Presiden Cile Sebastián Piñera
  • Heinz Fischer Presiden Austria dan 
  • Jens Stoltenberg Perdana Menteri Norwegia. 

Semoga Bermanfaat, #Islamgram
 

0 komentar:

Post a Comment