Wednesday, June 24, 2015

Filled Under: , ,

RESEP MENU BUKA PUASA, YANG MENYEHATKAN

Buka puasa, eemmm...waktu yang selalu di nanti-nantikan. Bahkan setengah jam sebelum waktunya seakan melambat dan ber slow-motion ria, padahal ya kitanya yang memang tak sabar. 

Dan saat bedug berdentam, rasanya seperti gelora kemenangan tak terperikan. Euforia menyikat habis hidangan sering kita lakukang, ckckc....akibatnya, perut terasa begah. Tarawih jadi ogah-ogahan. Masya Allah.

Kuncinya adalah menahan diri, bukankan puasa intinya adalah untuk belajar menahan diri?

Bicara soal resep menu buka puasa, bagaimana sih makanan yang sehat untuk berbuka? asupan-asupan yang terbaik yang semestinya kita siapkan dalam sajian menu buka puasa . Aneka hidangan menu untuk berbuka puasa yang baik sudah tentu adalah makanan yang sehat, itu sudah patokan bukan?

Buah adalah urutan pertama untuk disegerakan, setelah membasahi tenggorokan dengan air putih (bukan air es) atau teh hangat. Buah kurma, pisang, pepaya, mangga, melon, semangka, kiwi, apel, air buah kelapa atau banyak jenis buah-buahan lainnya sangat ideal sebagai menu takjil atau menu yang disegerakan untuk berbuka puasa. Buah-buah yang bersifat mudah dicerna dan menawarkan tubuh berbagai nutrisi yang dapat membantu transisi antara masa berpuasa dan berbuka menjadi terasa mudah. Selain itu penting untuk diperhatikan adalah konsumsi air putih, usahakan dari saat buka puasa sampai saat sebelum tidur minimal minum 1 liter air.

Selanjutnya bagaimana dengan menu makan setelah berbuka puasa? Jika sebelumnya kita telah mengkonsumsi buah-buahan segar atau kombinasi lainnya dari menu takjil untuk berbuka puasa, maka hidangan sehat lainnya yang disarankan dalam menu buka puasa diantaranya adalah sebagai berikut :
  • Sayuran hijau karena selain mudah dicerna dan memiliki kandungan alkalin yang tinggi sehngga sangat ideal untuk memaksimalkan kesehatan kita.
  • Biji-bijian dan kacang-kacangan merupakan sumber protein yang baik dan mudah dicerna. Biji bunga matahari, biji waluh atau labu, walnut (sumber omega-3), almond, kacang mete, kemiri, kacang tanah, kacang Brazil, kacang hijau dan kacang macadamia merupakan bahan makanan yang tepat dimakan setelah berpuasa.
  • Beras merah berbeda dengan beras putih karena bagian kulit pada beras merah masih utuh. Para ahli gizi dan ahli diet merekomendasikan nasi merah sebagai sumber nutrisi.
  • Oat juga ideal untuk dimakan untuk berbuka puasa. Memakan oat membawa banyak manfaat, dan khususnya setelah berpuasa. Makan satu sajian oat memberikan tubuh vitamin E, zinc, selenium, tembaga, besi, mangan, protein dan magnesium.

JENIS MAKANAN YANG SEHAT UNTUK BERBUKA  
Berbuka puasa merupakan saatnya untuk mengembalikan cadangan energi, menurut klikdokterdotcom makanan yang sebaiknya dikonsumsi adalah:

  • Serat
    Biasanya saat bulan Ramadan, kurma dikonsumsi sebagai simbolis saat berbuka puasa. Selain merupakan sumber energi yang baik, kurma juga kaya akan potassium yang dapat membantu fungsi otot dan saraf agar bekerja dengan baik. Tetapi, hati-hati juga agar jangan mengkonsumsi kurma terlalu banyak karena kurma tinggi akan gula.
  • Karbohidrat
    Roti gandum, nasi merah atau mi yang terbuat dari gandum merupakan karbohidrat kompleks yang dapat memberikan tubuh energi, serat dan mineral. Jika dibandingkan dengan makanan tinggi gula atau dessert yang dibakar lebih cepat.
  • Protein
    Sumber protein tinggi seperti ayam (tanpa kulit), ikan, telur atau kacang-kacangan dapat dipilih sebagai menu berbuka puasa. Untuk menjaga makanan Anda tetap sehat, batasi penggunaan minyak dan beralih ke rebus-rebusan, bakar atau panggang. Saat memilih minyak, pilihlah minyak yang tinggi akan lemak tak jenuh

Dan yang terpenting adalah tidak berlebihan dan terburu-buru. Akan menjadi percuma jika menunya sehat namun cara menikmatinya dengan cara yang salah bukan?

BAGAIMANA BERBUKA PUASA ALA RASULULLAH SAW ?

#IslamGram

0 komentar:

Post a Comment