Saturday, October 5, 2013

Filled Under: ,

Masjid di area Stadion Club Sepak Bola Eropa

Masjid merupakan tempat peribadatan bagi kaum muslimin di berbagai penjuru dunia. keberadaanya menjadi simbol tersendiri "ada" nya umat Islam. Mungkin, di sebagian negara yang notabene berpenduduk muslim akan sangat mudah di jumpai masjid. Contoh saja negara kita, Indonesia. Hampir di setiap (paling tidak) 1 kelurahan terdapat paling tidak 2 Buah masjid berdiri (Sayang kan kalau ada tapi ma'mumnya itu-itu aja bro? Nyadar yuk :D ).


Oke balik lagi ke keberadaan masjid, Itu tadi di Indonesia. Negara dengan mayoritas muslim. Lantas bagaimana dengan negara-negara dengan penduduk muslim yang tidak menempati urutan pertama dalam kemajemukan penduduknya? Yap, Jika kita pergi ke benua biru, akan (agak) sulit menemukan masjid. Selain keberadaannya yang jarang, kadang konstruksi masjid tidak sama dengan kebanyakan masjid di belahan dunia timur seperti Asia, yang dengan simbolik menjulangkan kubah nan besar. Meski tidak semua begitu konstruk masjid di benua biru.


Ada berita unique sob, perihal keberadaan masjid di eropa ini. Beberapa Club besar sepak bola eropa  ternyata memfasilitasi stadion nya dengan masjid. Wah...Sebuah toleransi antar umat beragama yang patut di acungi jempol. Mengingat, di belahan bumi sana, Muslim adalah minoritas. Belum lagi keberadaannya yang (kerap) dianggap sarang teroris lah, Anggota ini lah dsb. Bersyukurlah kita yang hidup di negara dengan mayoritas muslim seperti kita, bahkan saling menghormati antar umat beragama. Beribadah tenang...Hidup tentram.

Let's cekidot masjid-masjid di areal stadion club sepak bola eropa :

1. Rubin Kazan



Club Elite Liga Rusia ini memiliki stadion baru yang di dalamnya terdapat masjid. Jika menilik mayoritas penduduk kota Kazan, ternyata 55 % dari keseluruhan penduduk adalah muslim. Hal ini wajar, ketika ada fasilitas yang di bangun untuk sebuah mayoritas.

2. Bolton Wanderes






Inilah club pelopor yang menyediakan masjid/musholla di areal stadion, Bolton adalah salah satu club yang terdaftar di FA (PSSI nya Inggris). Sempat pula promosi ke divisi Utama EPL (English Premier League).

3. Blackburn Rovers








Club yang pernah di singgahi Robbie Fowler (Legenda Liverpool) ini juga menyediakan musholla untuk umat muslim atau penonton yang menyinggahi stadionnya. Club ini berbasis di Blackburn, Lancashire. Inggris. Ewood Park, adalah nama Stadion Blackburn Rovers.

4. Newcastle United







Serbuan para taipan negeri minyak untuk menjadi salah satu pemilik club eropa menjadi salah satu alasan banyaknya club yang menggunakan jasa pemain muslim. Sebenarnya, bukan karena alasan agama. namun memang skill pemain muslim tersebut mumpuni dan layak berkipran di EPL dan Umumnya Eropa. Salah satunya adalah club "Zebra" Inggris, Newcastle United. Papiss Cisse, Cheick Tiote, Hatem Ben Arfa, Massadio Haidara, Mapou Yanga-Mbiwa, Moussa Sissoko, Demba Baa dan Mehdi Abeid adalah pemain yang pernah dan masih eksis di Newcastel. tak pelak membuat management berinisiatif mendirikan tempat ibadah untuk mereka. St. James Park adalah nama stadion The Magpies.

5. Bayern Munich


Yap, Juara Eropa 2012-2013 ini akan membangun sebuah masjid di area Allianz arena. Menilik latar belakang pembangunannya adalah, Frank Ribery. Penyerang andalannya yang berkembangsaan Prancis dan menganut Islam. Ribery meminta ruangan kecil untuk shalat. Tapi manajemen mau bikinin yang lebih gede. Sampe-sampe klub mau nanggung 85 persen pendanaannya buat masjid berikut imam yang bekerja full time.

Semoga bermanfaat.
#Islamgram




1 komentar:

  1. semoga semua tim di erofa bahkan dunia di setiap stadion nya harus ada mesjid . AMIN

    ReplyDelete