Sunday, October 27, 2013

Filled Under: , ,

Geledah Lyric Religius Slank

Pada posting sebelumnya, Sudah sedikit di singgung mengenai "Religious Song alias Lagu Religius". Semoga teman-teman punya "Lagu Jagoan" bertemakan Religi, Mendengar musik skaligus dzikir mengingat Sang Pencipta. Bertafakur, larut dalam lirik dan gubahan irama. 

Pernahkah anda terpikir begitu dahsyatnya sebuah lagu sehingga dapat mengaduk-aduk perasaan? Aaah sudahlah, lupakan saja itu. Posting kali ini sedikit meneruskan posting "Religious Song alias Lagu Religius".

Pernah dengar nama SLANK ?? Jika belum, mungkin anda harus mengganti KTP Indonesia anda (Oooh ga sampai segitunya mungkin hehehe...). Silahkan saja kunjungi web official slank.com. Atau mengenai secuplik fakta-fakta mereka di sini.



Lalu? Apa hubungannya Slank dengan Religiusitas? Slank bukan band dengan lable religius. Apakah lancang saya mengatakan ini? Saya kira tidak, Karena sang drummer sekaligus pendiri Slank, Bimo Setiawan A.k.a Bim2 pun mengatakan bahwa
"Slank belum ya (bikin album religi), religi kan urusan manusia sama Tuhan, kalau Slank sih lebih ke yang mengajak pada kebaikan saja. Memberi sesuatu lewat musik, itu lebih Islami menurut Slank, kalau religi kan lebih pribadi," ucap Bim2 (Sumber)
Jika tetap maksa ditanya soal "Religious Song alias Lagu Religius", tolak ukur slank bukanlah lagu dengan tema yang langsung leterlek menggambarkan religiusitas. Namun bersifat lagu yang mengajak banyak orang untuk berbuat kebaikan, tanpa harus bicara tentang masalah Ketuhanan. Simak saja dalam album-album slank paling tidak ada 1 atau 2 lagu yang "temanya" mengarah kesitu (mengajak kebaikan). Anti perang, aktivitas sosial, mengasah kepekaan, sadar bencana, cinta kasih sesama manusia dan tema-tema seputar sosial humanity lainnya. Atau Rangkaian tour bersama Kyai Ageng Ganjur ke beberapa pesantren dalam tour bertajuk "Xtrareligi". Kiranya menjadi bukti Religiusitas yang Slank tawarkan berifat Universal. Menawarkannya lewat musik, Cerdas!

Slank Bersama Kyai Ageng Ganjur Menyambang Salah satu pesanten di Jogja, Sumber www.harianjogja.com

Pun begitu, ternyata slank punya lagu dengan lyric yang konteks nya berbicara Ketuhanan (secara langsung). Lagu atau lyric yang mana? Silahkan simak poin-poin berikut :
  • "Karang" Taken from  "Suit-Suit He..he..(Gadis Sexy) "



Slank, Formasi 13
Lagu ini terdapat di album pertama Slank Track ke -9 , Silahkan dengarkan ketika suasana sepi. Masa kecil yang anda lewati rasanya ingin terulang kembali. Dalam lagu ini, kita sebagai manusia digambarkan seperti karang. Besar, tua dan menjulang namun tergerus oleh debur kehidupan yang silih berganti hadir, menggerogot Iman, merongrong batin untuk lupa pada-Nya. Silahkan simak potongan lyric dari lagu "Karang" berikut :

"Karang lebur tertelan ombak
Lenyap di dalam lautan
Bagai imanku yang dulu tegar
Kini hancur dalam sesat kehidupan"
  •  "Tepi Campuhan" Taken from "Piss"
Di simak judul lagu, ini adalah salah satu nama daerah di Bali (Campuhan). Sebuah tempat yang cocok untuk ber kontemplasi. Sesuai dengan isi dari lagu ini. Dimana keberadaan manusia sangatlah kecil, di hadapan Tuhannya.  Pernahkah anda menyadari kecilnya anda di hadapan Tuhan? Silahkan dengarkan saja lagu ini, Berikut potongan lyricnya :

Sembunyi diriku dalam pelukan alam
Hindari semua kenyataan
Menggigil tubuhku sadari alam
Di sini aku kecil dan tak berarti
  •  "#1" Taken from " Virus 
 
 
Di album ke 10 slank, ada sebuah lagu berjudul #1, Lagu ini sangat Universal sebenarnya. Kata "Kamu" dalam lagu itu sangat multi tafsir. Bisa kepada Tuhan, Orang tua atau pasangan hidup. Namun begitu, Inilah lagu bernafaskan Ke-Esa-an dari Slank. 

Apa jadinya aku andai kamu gak ada
Tanpa kamu aku bukan apa apa
Dan aku .. sangat butuh
Dan aku .. ingin slalu kau sentuh

Karna kamu
Yang bisa menyelamatkanku
Cuma kamu
Yang mampu mengendalikan aku
  • "GAP 2" Taken from "Road To Peace"


Lagu bertempo cepat, di ambil dari kantong album "Road to Peaace". Lagu ini (mungkin) interpretasi dari "lakum diinukum, waliya dinii ---Bagimu agamamu, bagiku agamaku". Dimana keengganan dan ketidaknyamanan pemaksaan kehendak dan segala macam hasutan.

Biar bagaimana gue punya TUHAN!
  • "Solidaritas" Taken from "Slankissme"
Lagu yang mengingatkan kita untuk cinta sesama. tanpa menunggu ada-nya moment-moment yang menggugah kita untuk itu. Sekaligus menyadari kebesaran Tuhan, Melalui perawatan lingkungan dan alam sebagai minimalisir Bencana. Silahkan perdengarkan, Semoga anda Tergetar.

Mengapa harus tunggu bencana
Baru kita percaya kebesaran TUHAN
Mengapa harus tunggu bencana
Tentara datang untuk kemanusiaan

Mengapa nggak setiap hari
Berbuat sepeti ini

  • "Sedekah" Taken from "I ♥ U (Baca I Slank U)"
 
 
 
Lagu ini hadir di 2 Album berbeda,  di album "I ♥ U (Baca I Slank U)" & "Sinar Kebersamaan Vol 2", Untuk nama yang kedua album di produseri oleh Reynold ---Eks add gitar Slank di album 6 "Lagi Sedih". yang kini menjadi salah seorang pengurus Media Hati,  untuk ambil bagian dalam aplikasi tersebut. Media Hati merupakan salah satu unit usaha dari Program Pembibitan Penghafal Al Quran (PPPA) Daarul Quran di bidang pengembangan aplikasi smartphone. pimpinan Ust. Yusuf Mansyur ---Barakallahu lahum.

Kekuatan terdasyat...
Tangan kanan sedekah... Tangan kiri gak tau!!


Semoga bermanfaat dan Menginspirasi, #Islamgram

0 komentar:

Post a Comment