Sunday, May 31, 2015

Filled Under: , ,

4 MACAM SUJUD DALAM ISLAM

Dalam Islam dikenal 3 sujud lain selain sujud yang biasa dilakukan dalam sholat. Sujud tersebut memiliki nama yang berbeda sesuai moment pelaksanaanya. 

Berikut ketiga macam sujud selain sujud dalam sholat tersebut :

SUJUD TILAWAH

Pengertian Sujud Tilawah, Sujud Tilawah ialah sujud diwaktu membaca atau mendengar ayat-ayat sajdah. .Bagi orang yang membaca atau mendengar ayat sajdah disunahkan melakukan sujud tilawah dengan metode :
  • Jika didalam sholat ,maka ketika sampai ayat sajdah supaya turun dari berdiri untuk mengerjakan sujud,dan setelah selesai maka sholat dilanjutkan kembali ,Sujid tilawah yang dilakukan pada saat sedang sholat itu tidak memakai takbirotul ihrom dan salam.Dan bagi ma'mum tidak boleh mengerjakan sujud tilawah kalau imamnya tidak mengerjakan ,sekalipun ma'mum mendengar atau ayat-ayat sajdah. 
  • Jika diluar sholat,maka ketika sampai ayat sajdah,niat sujud tilawah sambil membaca takbirotul ihrom dan mengangkat kedua tangan ,membaca takbir lagi lalu sujud,selesai membaca do'a sujud tilawah kemudian bangkit dari sujud sambil membaca takbir,duduk,kemudian salam.Ketika membaca takbirotul ihrom yang disertai niat sujud tilawah tidak harus berdiri.

Dari 'Amr bin 'Ash : Bahwasanya Rasulullah SAW telah mengajarkannya lima belas (ayat) sujud di dalam Al-Qur'an. Tiga dari padanya di surah yang pendek-pendek, dan dua di surah Al-Hajji". [HR. Abu Dawud juz 2, hal. 58]
  • Sujud Tilawah itu hanya sekali sujud 
  • Sujud Tilawah hukumnya sunnah 
  • Kita tidak disunnahkan sujud kalau yang membaca ayat itu tidak sujud, sedang kalau yang membaca ayat itu sujud, kita juga sujud walaupun di dalam shalat. 
  • Di dalam sujud tersebut membaca :

 Atau : 

سُبْحَانَ وَجْهِى لِلَّذِى خَلَقَهُ وَصَوَّرَةُ وَشَقَّ سَمْعَهُ وَبَصَرَهُ بِحَوْلِهِ وَقُوَّتِهِ ,تَبَارَكَ اللهُ اَحْسَنَ الْخَالِقِيْنَ
Sajada wajhi lilladzi qolaqohu washowwarohu washaqqo sam 'ahu wabashorohu bikhauwlihi waquwwatihi,tabaarokallohu akhsanal qooliqiina "
 
Bagi yang tidak hafal dapat membaca  سبحان ربي الأعلى


SUJUD SAHWI

Sujud Sahwi adalah sujud karena lupa, maksudnya : sujud dua kali karena terlupa salah satu rukun shalat, baik kelebihan maupun kekurangan dalam melaksanakannya. 
 

 


SUJUD SYUKUR
Untuk yang terakhir mungkin agak familiar, Kini banyak pemain sepak bola muslim, regional maupun Internasional menggunakaanya sebagai ungkapan syukur setelah mencetak gol (selebrasi).  Mulanya orang eropa mengira selebrasi ini adalah selebrasi makan rumput, belakangan mereka baru faham bahwa itu adalah ungkapan syukur.
 
Pengertian Sujud Syukur, Sujud Syukur ialah sujud terima kasih, yaitu sujud satu kali di waktu mendapat keuntungan yang menyenangkan atau terhindar dari kesusahan yang besar.
 
Ada yang mengatakan bahwa saat sujud syukur membaca Q.S. Al-Ahqaf: 15
 
 رَبِّ اَوْزِعْنِي اَنْ اَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِيْ اَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلَى وَلِدَيَّ وَاَنْ اَعْمَلَ صَالِحًا تَرْضَهُ وَاَصْلِح لِيْ فِى ذُرِّيَّتِيْ اِنِّ تُبْتُ اِلَيْكَ وَاِنِّيْ مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ 

 
#IslamGram

0 komentar:

Post a Comment