Monday, March 16, 2015

Filled Under: ,

Hak Antara Sesama [Muslim]

Assalamualaikum Sobat Islamgram

Semoga naungan kesehatan selalu tercurah kepada pembaca Islamgram sekalian, Rahmat dan limpahan kasih sayang Allah SWT mengiringi segala aktivitas pembaca sekalian, Allahumma Aamin.



"Setiap Muslim adalah bersaudara, Muslim satu dan yang lain adalah saudara [Seiman]".

Kalimat diatas adalah kalimat yang terlintas dari seorang guru ketika dahulu mempelajari "Al-Mahfudzat", sebuah pelajaran yang memuat pelbagai ungkapan, peribahasa, kalimat motivasi dalam bahasa Arab.

Belakangan, ternyata kalimat yang tertulis tersebut ternyata memiliki sumber runtut keatas yang lebih kuat, Hadist Rasulullah Muhammad SAW. 

Ungkapan saudara seiman ternyata bukanlah ungkapan yang bukan tanpa berdasar. Antara mukmin satu dan yang lain memang adalah saudara. dan dari ikatan tersebut terdapat jalinan yang kuat, di hubungkan oleh aktivitas-aktivitas harian yang jika diterapkan akan semakin memperkuat ukhuwah  antar sesama muslim.

Seperti kita tahu belakangan ini, banyak di antara kita [bahkan mungkin kita] terjembab dalam aktivitas dunia, sibuk oleh urusan kerja, di hiruk pikukkan oleh kegiatan organisasi, di benamkan dalam rangkaian tugas panjang. yang kesemuanya jika tidak di-jeda-kan tentu tidak akan pernah berujung. Imbas dari pelbagai aktivitas tersebut kita kadang mengabaikan beberapa hak dari mukmin lain yang harus nya kita perhatikan, hal ini terkait dengan "muslim satu dan yang lain adalah bersaudara" 

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رضي الله عنه قَالَ:  قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم: “حَقُّ الْمُسْلِمِ عَلَى الْمُسْلِمِ سِتٌّ: إذَا لَقِيْتــَهُ فَسَلِّمْ عَلَيْهِ، وَإِذَا دَعَاك فَأَجِبْهُ، وَإِذَا اسْتَنْصَحَك  فَانْصَحْهُ،  وَإِذَا عَطَسَ فَحَمِدَ اللَّهَ فَسَمِّتْهُ، وَ إِذاَ  مَرِضَ  فَعُدْهُ، وَإِذاَ  ماَتَ فاتـْبَعْهُ”.

 (رَواهُ مُسلمٌ، بَابُ مِنْ حَقِّ الْمُسْلِمِ لِلْمُسْلِمِ رَدُّ السَّلَامِ برقم 2162).



Dari Abu Hurairah t ia berkata: Rasulullah r bersabda:
“Hak seorang muslim terhadap sesama muslim itu ada enam, yaitu:
  1. Jika kamu bertemu dengannya maka ucapkanlah salam,
  2. Jika ia mengundangmu maka penuhilah undangannya,
  3. Jika ia meminta nasihat kepadamu maka berilah ia nasihat,
  4. Jika ia bersin dan mengucapkan: ‘Alhamdulillah’ maka do’akanlah ia dengan Yarhamukallah (artinya = mudah-mudahan Allah memberikan rahmat kepadamu),
  5. Jika ia sakit maka jenguklah dan
  6. Jika ia meninggal dunia maka iringilah jenazahnya”.
(HR. Muslim, no. 2162).

Agama Islam adalah agama yang sangat lengkap dan detail memperhatikan umatnya. Bahkan hingga aspek  terwujudnya persaudaraan dan kasih sayang-pun ada tuntunannya di dalam Islam [Subhanallah]. Agama Islam selalu mendorong pemeluknya untuk mewujudkan dan memelihara persaudaraan dan kasih sayang. Oleh karena itu, Islam mensyariatkan beberapa amalan yang dapat mewujudkan persaudaraan dan kasih sayang tersebut.

Hadits ini menjelaskan hal-hal yang dapat meneguhkan persaudaraan dan kasih sayang. Yaitu dengan melaksanakan kewajiban-kewajiban sosial terhadap sesama muslim. Dalam hadits ini, diungkapkan dengan hak muslim atas muslim yang lain.

Dalam bahasa Arab, ungkapan ini bisa bermakna wajib dan juga bisa bermakna sunnah yang sangat dianjurkan. Karena hak artinya sesuatu yang tidak sepantasnya ditinggalkan.

Jika kita tengok, aktivitas ditas adalah aktivitas yang sangat kecil dan sepele bukan? namun, aktivitas-aktivitas tersebut adalah aktivitas yang sering "melintas" dalam rentang kesibukan kita, dan [parah-nya] kita sering mengabaikannya...Naudzubillah.

Mari memulai dari hal-hal kecil, memenuhi hak sesama muslim. Agar Ukhuwah tetap terjalin, persaudaraan tak putus dan Islam semakin kuat.

Jika anda merasa ragu dengan itu, Silahkan membaca tulisan pada gambar berikut. 

Semoga bermanfaat

#Islamgram

0 komentar:

Post a Comment